TUGAS MAKALAH
KEPEGAWAIAN NEGARA INDONESIA
KELOMPOK 3
IIIC
DISUSUN OLEH :
DEWI KARTIKA (712.1.1.1813)
DICKY PRADANA PUTRA (712.1.1.1814)
DWI SUTRISNO (712.1.1.1815)
FATHOR ROZI (712.1.1.1816)
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS WIRARAJA SUMENEP
Tahun Akademik 2013-2014
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah kami panjatkan syukur
kepada Tuhan Semesta Alam Allah SWT,karena dengan bimbingan dan pertolongannya
kami telah menyelesaikan tugas Makalah Sistem Administrasi Negara Indonesia
yang berjudul “KEPEGAWAIAN NEGARA INDONESIA”.Tidak lupa kami ucapkan
terimakasih yang sebesar besarnya kepada Dosen Pengajar yang telah memberikan
tugas makalah ini serta pengarahan kepada kami.Sehingga kami dapat
menyelesaikan tugas makalah ini dengan baik.Kami mohon maaf yang sebesar
besarnya kepada Dosen Pengajar apabila ada kesalahan dalam penulisan makalah
dsb.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.................................................................................................... i
DAFTAR ISI............................................................................................................ ii
BAB I
PENDAHULUAN...................................................................................................... 1
Latar Belakang....................................................................................................... 1
Rumusan
Masalah.................................................................................................. 2
Tujuan................................................................................................................... 2
BAB II
PERENCANAAN
KEPEGAWAIAN............................................................................... 3
PENGADAAN PNS................................................................................................... 3
DISIPLIN
PNS......................................................................................................... 4
Pembinaan Disiplin............................................................................................... 4
PENILAIAN KINERJA
PNS....................................................................................... 13
Pelaksanaan Penilaian Pegawai Negeri
Sipil.......................................................... 14
PEMBERHENTIAN
PNS........................................................................................... 14
LARANGAN MENJADI ANGGOTA PARTAI BAGI
PNS.................................................
15
KESEJAHTERAAN
PNS............................................................................................. 15
Dasar
Hukum......................................................................................................... 15
Usaha Kesejahteraan Pegawai Negeri
Sipil............................................................. 15
PENUTUP................................................................................................................
16
Kesimpulan.............................................................................................................
16
Saran.......................................................................................................................
16
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
KEPEGAWAIAN NEGARA INDONESIA-meliputi Perencaan Kepegawaian, perencanaan
kepegawaian mencakup perkiraan kebutuhan pegawai di masa depan dari berbagai
kategori pekerjaan, memprediksi suplai karyawan saat ini dan di masa depan dari
berbagi kategori pekerjaan, dan membandingkan permintaan sumber daya manusia
dengan suplai yang ada.Pengadaan Kepegawaian, pengadaan Pegawai Negeri Sipil
adalah kegiatan untuk mengisi formasi yang lowong. Pada umumnya formasi yang
lowong disebabkan adanya Pegawai Negeri Sipil yang berhenti, pensiun, meninggal
dunia atau adanya perluasan organisasi, yang kemudian ditetapkan dalam
keputusan Menteri yang bertanggung jawab di bidang pendayagunaan aparatur
negara Karena tujuan pengadaan Pegawai Negeri Sipil untuk mengisi formasi yang
lowong, maka pengadaan Pegawai Negeri Sipil harus berdasarkan kebutuhan, baik
dalam arti jumlah maupun kompetensi jabatan yang diperlukan.Disiplin PNS,
keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai sesuatu tujuan selain sangat
ditentukan oleh dan mutu profesionalitas juga ditentukan oleh disiplin para
anggotanya. Bagi aparatur pemerin-tahan disiplin tersebut mencakup unsur-unsur
ketaatan, kesetiaan, kesungguhan dalam menjalankan tugas dan kesanggupan berkorban,
dalam arti mengorbankan kepentingan pribadi dan golongannya untuk kepentingan
negara dan masyarakat.Penilaian Kinerja PNS, penilaian kinerja Pegawai Negeri
Sipil, adalah penilaian secara periodik pelaksanaan pekerjaan seorang Pegawai
Negeri Sipil.Pemberhentian PNS, pemberhentian terdiri atas pemberhentian
sebagai pegawai negeri sipil dan pemberhentian dari jabatan negeri.Larangan
Menjadi Anggota Partai, pegawai Negeri Sipil berkedudukan sebagai unsur
aparatur negara, bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat secara
profesional, jujur, adil, dan merata dalam penyelenggaraan tugas negara,
pemerintahan dan pembangunan.Kesejahteraan PNS, bentuk usaha kesejahteraan yang
diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil yang berupa program pensiun dan hari tua,
asuransi kesehatan, tabungan perumahan dan asuransi pendidikan putra putri
Pegawai Negeri Sipil.
Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud perencanaan
kepegawaian, pengadaan kepegawaian, disiplin PNS, penilaian kinerja PNS,
pemberhentian PNS, larangan menjadi anggota partai bagi PNS dan kesejahteraan
PNS?
2. Siapa saja yang berwenang dalam
menjatuhkan hukuman pada Pegawai Negeri Sipil yang melanggar?
Tujuan
1.
Agar kami lebih paham dan mengerti tentang Kepegawaian Negara Indonesia.
2.
Agar kami bisa menambah wawasan tentang para pemerintah yang berwenang
dalam menjatuhkan hukuman pada Pegawai Negeri Sipil yang melanggar.
BAB II
*PERENCANAAN KEPEGAWAIAN
Perencanaan
kepegawaian mencakup perkiraan kebutuhan pegawai di masa depan dari berbagai kategori
pekerjaan, memprediksi suplai karyawan saat ini dan di masa depan dari berbagi
kategori pekerjaan, dan membandingkan permintaan sumber daya manusia dengan
suplai yang ada.Perkiraan permintaan karyawan berarti penentuan jumlah karyawan
pada setiap kategori pekerjaan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan
organisasi. Prakiraan suplai karyawan berati penentuan jumlah karyawan dalam
kategori pekerjaan tertentu yang tersedia untuk kepegawaian.Perencanaan
kepegawaian meliputi 3 tahap :
- Analisis permintaan sumber daya manusia
- Analisis sumber daya manusia yang tersedia
- Rekonsialisi permintaan dan suplai sumber daya manusia yang tersedia
*PENGADAAN
PNS
Pengadaan
Pegawai Negeri Sipil adalah kegiatan untuk mengisi formasi yang lowong. Pada
umumnya formasi yang lowong disebabkan adanya Pegawai Negeri Sipil yang
berhenti, pensiun, meninggal dunia atau adanya perluasan organisasi, yang
kemudian ditetapkan dalam keputusan Menteri yang bertanggung jawab di bidang
pendayagunaan aparatur negara Karena tujuan pengadaan Pegawai Negeri Sipil
untuk mengisi formasi yang lowong, maka pengadaan Pegawai Negeri Sipil harus
berdasarkan kebutuhan, baik dalam arti jumlah maupun kompetensi jabatan yang
diperlukan. Setiap Warga Negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk
melamar menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil setelah memenuhi syarat-syarat yang
ditentukan. Syarat-syarat tersebut tidak boleh didasarkan atas jenis kelamin, suku, agama, ras, golongan, atau
Daerah.
Syarat yang harus dipenuhi oleh setiap pelamar untuk
menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil:
- Warga Negara Indonesia;
- Pada saat diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, berusia sekurang-kurangnya 18 tahun dan setingi-tinginya 35 tahun
- Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;Dalam ketentuan ini, tidak termasuk bagi mereka yang dijatuhi hukuman percobaan.
- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
- Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri;
- Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian, dan keterampilan yang diperlukan; Berkelakuan baik;
- Sehat jasmani dan rohani;
- Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah; dan
- Syarat lain yang ditentukan dalam persyaratan jabatan.
*DISIPLIN
PNS
Pembinaan Disiplin
Keberhasilan
suatu organisasi dalam mencapai sesuatu tujuan selain sangat ditentukan oleh
dan mutu profesionalitas juga ditentukan oleh disiplin para anggotanya. Bagi
aparatur pemerin-tahan disiplin tersebut mencakup unsur-unsur ketaatan,
kesetiaan, kesungguhan dalam menjalankan tugas dan kesanggupan berkorban, dalam
arti mengorbankan kepentingan pribadi dan golongannya untuk kepentingan negara
dan masyarakat.
Dalam
Pasal 29 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian
sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 43 dinyatakan bahwa
"Dengan tidak mengurangi ketentuan dalam peraturan perundang-undangan
pidana, maka untuk menjamin tata tertib dan kelancaran pelaksanaan tugas,
diadakan Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil".
Peraturan
Disiplin Pegawai Negeri Sipil adalah peraturan yang mengatur mengenai
kewajiban, larangan, dan sanksi apabila kewajiban tidak ditaati atau larangan
dilanggar oleh Pegawai Negeri Sipil. Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil
diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980 tentang "Peraturan
Disiplin Pegawai Negeri Sipil".
Dalam Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil diatur
ketentuan-ketentuan mengenai:
- Kewajiban,
- Larangan,
- Hukuman disiplin,
- Pejabat yang berwenang menghukum,
- Penjatuhan hukuman disiplin,
- Keberatan atas hukuman disiplin,
- Berlakunya keputusan hukuman disiplin.
Kewajiban
Pasal
2 Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980 mengatur kewajiban-kewajiban yang
harus ditaati oleh setiap Pegawai Negeri Sipil, sebagai berikut. Setiap Pegawai
Negeri Sipil wajib,
- Setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara, dan Pemerintah,
- Mengutamakan kepentingan Negara di atas kepentingan golongan atau diri sendiri, serta menghindarkan segala sesuatu yang dapat mendesak kepentingan Negara oleh kepentingan golongan, diri sendiri, atau pihak lain,
- Menjunjung tinggi kehormatan dan martabat Negara, Pemerintah, dan Pegawai Negeri Sipil,
- Mengangkat dan menaati Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil dan Sumpah/Janji jabatan berdasarkan peraturan perandang-undangan yang berlaku,
- Menyimpan rahasia negara dan atau rahasia jabatan dengan sebaik-baiknya,
- Memperhatikan dan melaksanakan segala ketentuan Pemerintah, baik yang langsung menyangkut tugas kedinasannya maupun yang berlaku secara umum,
- Melaksanakan tugas kedinasan dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh pengabdian, kesadaran, dan tanggung jawab,
- Bekerja dengan jujur, cermat, dan bersemangat untuk kepentingan Negara, Memelihara dan meningkatkan keutuhan, kekompakan, persatuan, dan kesatuan Korps Pegawai Negeri Sipil,
- Segera melaporkan kepada atasannya, apabila mengetahui ada hal yang dapat membahayakan atau merugikan Negara atau Pemerintah, terutama di bidang keamanan, keuangan, dan materiel,
- Menaati ketentuan jam kerja,
- Menciptakan dan memelihara suasana kerja yang baik,
- Menggunakan dan memelihara barang-barang milik Negara dengan sebaik-baiknya,
- Memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat menurut bidang tugasnya masing-masing,
- Bertindak dan bersikap tegas, tetapi adil dan bijaksana terhadap bawahannya,
- Membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya,
- Menjadi dan memberikan contoh serta teladan yang baik terhadap bawahannya,
- Mendorong bawahannya untuk meningkatkan prestasi kerja,
- Memberikan kesempatan kepada bawahannya untuk mengembangkan kariernya,
- Menaati ketentuan perundang-undangan tentang perpajakan,
- Berpakaian rapi dan sopan serta bersikap dan bertingkah laku sopan santun terhadap masyarakat, sesama Pegawai Negeri Sipil dan terhadap atasan,
- Hormat menghormati antara sesama Warga Negara yang memeluk agama/kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang berlainan,
- Menjadi teladan sebagai Warga Negara yang baik dalam masyarakat,
- Menaati segala peraturan perundang-undangan dan peraturan kedinasan yang berlaku,
- Menaati perintah kedinasan dari atasan yang berwenang,
- Memperhatikan dan menyelesaikan dengan sebaik-baiknya setiap laporan yang diterima mengenai pelanggaran disiplin.
Larangan
Larangan
Dalam Pasal 3 ayat (1) diatur larangan-larangan yang tidak boleh dilanggar oleh
Pegawai Negeri Sipil, sebagai berikut. Setiap Pegawai Negeri Sipil dilarang,
- Melakukan hal-hal yang dapat menurunkan kehormatan dan martabat Negara, Pemerintah, atau Pegawai Negeri Sipil,
- Menyalahgunakan wewenangnya,
- Tanpa izin Pemerintah menjadi pegawai atau bekerja untuk Negara Asing,
- Menyalahgunakan barang-barang, uang, atau surat-surat berharga milik Negara
- Memiliki, menjual, menggadaikan, menyewakan, atau meminjamkan barang-barang, dokumen, atau surat-surat berharga milik negara secara tidak sah,
- Melakukan kegiatan bersama dengan atasan, teman sejawat, bawahan, atau orang lain didalam maupun di luar lingkungan kerjanya dengan tujuan untuk keuntungan pribadi, golongan, atau pihak lain, yang secara langsung atau tidak langsung merugikan Negara,
- Melakukan tindakan yang bersifat negatif dengan maksud membalas dendam terhadap bawahannya atau orang lain di dalam maupun diluar lingkungan kerjanya,
- Menerima hadiah atau sesuatu pemberian berupa apa saja, dari siapapun juga yang diketahui atau patut diduga bahwa pemberian itu bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan,
- Memasuki tempat-tempat yang dapat mencemar-kan kehormatan atau martabat Pegawai Negeri Sipil, kecuali untuk kepentingan jabatan,
- Bertindak sewenang-wenang terhadap bawahannya,
- Melakukan suatu tindakan atau sengaja tidak melakukan suatu tindakan yang dapat berakibat menghalangi atau mempersulit salah satu pihak yang dilayaninya, sehingga mengakibatkan kerugi-an bagi pihak yang dilayaninya,
- Menghalangi berjalannya tugas kedinasan,
- Membocorkan dan atau memanfaatkan rahasia Negara yang diketahui karena kedudukan jabatannya untuk kepentingan pribadi, golongan, atau pihak lain,
- Bertindak selaku perantara bagi sesuatu pengusaha atau golongan untuk mendapat pekerjaan atau pesanan dari kantor/instansi Pemerintah,
- Memiliki saham dalam suatu perusahaan yang kegiatan usahanya tidak berada dalam ruang lingkup kekuasaannya, yang jumlah dan sifat pemilikan itu sedemikian rupa, sehingga pemilikan saham tersebut dapat langsung atau tidak langsung menentukan penyelenggaraan atau jalannya perusahaan,
- Memiliki saham/modal dalam perusahaan yang kegiatan usahanya berada dalam ruang lingkup kekuasaannya,
- Melakukan kegiatan usaha dagang baik secara resmi maupun sambilan, menjadi direksi, pimpinan, atau komisaris perusahaan swasta, bagi yang berpangkat Pembina golongan ruang IV/a ke atas atau yang memangku jabatan eselon I,
- Melakukan pungutan tidak sah dalam bentuk apapun juga dalam melaksanakan tugasnya untuk kepentingan pribadi, golongan, atau pihak lain.
Hukuman Disiplin
Hukuman
disiplin adalah hukuman yang dijatuhkan terhadap seorang Pegawai Negeri Sipil
karena melangar Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Tingkat hukuman
disiplin adalah,
- Hukuman disiplin ringan,
- Hukuman disiplin sedang, dan
- Hukuman disiplin berat.
Jenis hukuman disiplin adalah sebagai berikut.
- Hukuman disiplin ringan, terdiri atas :
- Tegoran lisan,
- Tegoran tertulis,
- Pernyataan tidak puas secara tertulis.
- Hukuman disiplin sedang, terdiri atas :
- Penundaaan kenaikan gaji berkala untuk masa sekurang-kurangnya 3 (tiga) bulan dan paling lama 1 (satu) tahun,
- Penurunan gaji sebesar satu kali kenaikan gaji berkala untuk masa sekurang- kurangnya 3 (tiga) bulan dan paling lama 1 (satu) tahun,
- Penundaan kenaikan pangkat untuk sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan dan paling lama 1 (satu) tahun.
- Hukuman disiplin berat, terdiri atas :
- Penurunan pangkat pada pangkat yang satu tingkat lebih rendah untuk sekurang- kurangnya 6 (enam) bulan dan paling lama 1 (satu) tahun,
- Pembebasan dari jabatan untuk masa sekurang-kurangnya selama 1 (satu) tahun,
- Pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil,
- Pemberhentian tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil.
Setiap
hukuman disiplin dijatuhkan oleh pejabat yang berwenang menghukum sesuai tata
cara tersebut dalam Surat Edaran Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara
Nomor 23/SE/1980 tanggal 30 Oktober 1980 tentang Peraturan Disiplin Pegawai
Negeri Sipil. Pejabat Yang Berwenang Menghukum Pejabat yang berwenang menghukum
adalah pejabat yang berwenang menjatuhkan hukuman disiplin. Ketentuan mengenai
pejabat yang berwenang menghukum diatur dalam Pasal 7 Peraturan Pemerintah
Nomor 30 Tahun 1980. Dengan berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2003
tentang Wewenang Pengangkatan, Pemindahan, Dan Pemberhentian Pegawai Negeri
Sipil, maka pejabat yang berwenang menjatuhkan hukuman disiplin adalah sebagai
berikut.
- Presiden, untuk jenis hukuman disiplin :
- pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil bagi Pegawai Negeri Sipil yang berpangkat Pembina Utama Muda golongan ruang IV/c ke atas,
- pemberhentian tidak dengan hormat sebagai
- Pegawai Negeri Sipil bagi Pegawai Negeri Sipil yang berpangkat Pembina Utama Muda golongan ruang IV/c ke atas,
- pembebasan dari jabatan bagi Pegawai Negeri Sipil yang memangku jabatan struktural eselon I, atau jabatan lain yang wewenang pengangkatan dan pemberhentiannya berada di tangan Presiden.
- Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat, bagi Pegawai Negeri Sipil Pusat di lingkungannya masing-masing, kecuali jenis hukuman disiplin :
- pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil dan pemberhentian tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil yang berpangkat Pembina Utama Muda golongan ruang IV/c ke atas,
- pembebasan dari jabatan struktural eselon I atau jabatan lain yang wewenang pengangkatan serta pemberhentiannya berada di tangan Presiden.
- Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah Provinsi, untuk semua Pegawai Negeri Sipil Daerah di lingkungan masing-masing, kecuali jenis hukuman disiplin :
- pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil dan pemberhentian tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil yang berpangkat Pembina Utama Muda golongan ruang IV/c ke atas,
- pembebasan dari jabatan struktural eselon I atau jabatan lain yang wewenang pengangkatan serta pemberhentiannya berada di tangan Presiden.
- Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah Kabupaten/ Kota, untuk semua Pegawai Negeri Sipil Daerah di lingkungan masing-masing, kecuali untuk hukuman disiplin berupa pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil dan pemberhentian tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil yang berpangkat Pembina Utama Muda golongan ruang IV/c keatas, atau Pegawai Negeri Sipil Daerah yang menduduki jabatan yang wewenang pengangkatan dan pemberhentiannya berada di tangan Presiden.
- Kepala Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, bagi Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia yang dipekerjakan pada perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, diperbantukan/ dipekerjakan pada Negara Sahabat atau sedang menjalankan tugas belajar di luar negeri, sepanjang mengenai jenis hukuman disiplin berupa:
a. Tegoran lisan,
b. Tegoran
tertulis,
c. Pernyataan
tidak puas secara tertulis, dan
d. Pembebasan dari
jabatan.
Penjatuhan Hukuman Disiplin
Tujuan
hukuman disiplin adalah untuk memperbaiki dan mendidik Pegawai Negeri Sipil
yang melakukan pelanggaran disiplin, oleh sebab itu setiap pejabat yang
berwenang menghukum sebelum menjatuhkan hukuman disiplin harus memeriksa lebih
dahulu Pegawai Negeri Sipil yang melakukan pelanggaran disiplin.
Keberatan Terhadap Hukuman Disiplin
Pegawai Negeri Sipil yang
dijatuhi hukuman disiplin dapat mengajukan keberatan atas keputusan hukuman
disiplin, kecuali terhadap hukuman disiplin tingkat ringan dan hukuman disiplin
berupa "pembebasan dari jabatan".
Keberatan terhadap
keputusan hukuman disiplin disampaikan secara tertulis kepada atasan pejabat
yang berwenang menghukum, yaitu atasan langsung pejabat yang berwenang
menghukum, melalui saluran hirarkhi selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari
terhitung mulai tanggal penyampaian keputusan hukuman disiplin.
Setiap atasan yang
menerima keberatan terhadap hukuman disiplin wajib meneruskan keberatan
tersebut kepada atasannya selambat-lambatnya selama 3 (tiga) hari kerja sejak
ia menerima surat pernyataan keberatan tersebut.
Pejabat
yang berwenang menghukum yang juga menerima pernyataan keberatan, meneruskannya
kepada atasan pejabat yang berwenang menghukum, disertai catatan- catatan yang
dianggap perlu sehubungan keputusan hukuman disiplin yang ditetapkan olehnya,
selambat-lambatnya 3 (tiga) hari kerja sejak ia menerima surat pernyataan
keberatan tersebut.
Atasan
pejabat yang berwenang menghukum wajib mempelajari dengan saksama keberatan
yang diajukan oleh Pegawai Negeri Sipil yang dijatuhi hukuman disiplin, serta
alasan-alasan yang dikemukakan oleh pejabat yang berwenang menghukum. Atasan
pejabat yang berwenang menghukum selambat-lambatnya dalam tempo 1 (satu) bulan
sudah harus membuat keputusan mengenai keberatan terhadap hukuman disiplin.
Keputusan tersebut dapat menguatkan atau mengubah keputusan penjatuhan hukuman
disiplin yang ditetapkan oleh pejabat yang berwenang menghukum.
Keputusan
atasan pejabat yang berwenang menghukum tidak dapat diganggu-gugat dan harus dilaksanakan
oleh semua pihak.
Pegawai
Negeri Sipil berpangkat Pembina Tingkat I golongan ruang IV/b ke bawah yang
dijatuhi hukuman disiplin berupa "pemberhentian dengan hormat tidak atas
permintaan sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil" atau "pemberhentian
tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil" dapat mengajukan
keberatan kepada Badan Pertimbangan Kepegawaian (Bapek). Terhadap hukuman
disiplin yang ditetapkan dengan keputusan Presiden tidak dapat diajukan
keberatan.
Berlakunya Hukuman Disiplin
Hukuman disiplin ringan
berlaku terhitung mulai saat keputusan hukuman disiplin disampaikan oleh
pejabat yang berwenang menghukum.
Apabila
tidak ada keberatan dari Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan, hukuman
disiplin tingkat sedang dan berat berlaku mulai hari ke limabelas sejak
penyampaian hukuman disiplin, kecuali hukuman disiplin yang dijatuhkan oleh
pimpinan instansi.
Hukuman
disiplin berupa "pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri
sebagai Pegawai Negeri Sipil" dan "pemberhentian tidak dengan hormat
sebagai Pegawai Negeri Sipil" yang berpangkat Pembina Tingkat I golongan
ruang IV/b ke bawah, berlaku mulai hari ke lima belas sejak penyampaian
keputusan hukuman disiplin, apabila tidak ada keberatan dari Pegawai Negeri
Sipil yang dijatuhi kedua jenis hukuman disiplin tersebut.
Hukuman
disiplin berupa "pembebasan dari jabatan" berlaku mulai saat
disampaikan, dan hams segera dilaksanakan. Apabila Pegawai Negeri Sipil yang
dijatuhi hukuman disiplin tidak hadir pada waktu dan tempat yang ditentukan
untuk penyampaian keputusan hukuman disiplin, maka hukuman disiplin berlaku
mulai hari ke 30 (tiga puluh) terhitung mulai tanggal yang ditentukan untuk
penyampaian keputusan hukuman disiplin tersebut.
Berlakunya Keputusan Hukuman
Disiplin
Hukuman
disiplin ringan berlaku terhitung mulai saat keputusan hukuman disiplin
disampaikan oleh pejabat yang berwenang menghukum.
Apabila
tidak ada keberatan dari Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan, hukuman
disiplin tingkat sedang dan berat berlaku mulai hari ke limabelas sejak
penyampaian hukuman disiplin, kecuali hukuman disiplin yang dijatuhkan oleh
pimpinan instansi.
Hukuman
disiplin berupa "pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri
sebagai Pegawai Negeri Sipil" dan "pemberhentian tidak dengan hormat
sebagai Pegawai Negeri Sipil" yang berpangkat Pembina Tingkat I golongan
ruang IV/b ke bawah, berlaku mulai hari ke lima belas sejak penyampaian keputusan
hukuman disiplin, apabila tidak ada keberatan dari Pegawai Negeri Sipil yang
dijatuhi kedua jenis hukuman disiplin tersebut.
Hukuman
disiplin berupa "pembebasan dari jabatan" berlaku mulai saat
disampaikan, dan hams segera dilaksanakan. Apabila Pegawai Negeri Sipil yang
dijatuhi hukuman disiplin tidak hadir pada waktu dan tempat yang ditentukan
untuk penyampaian keputusan hukuman disiplin, maka hukuman disiplin berlaku
mulai hari ke 30 (tiga puluh) terhitung mulai tanggal yang ditentukan untuk
penyampaian keputusan hukuman disiplin tersebut.
*PENILAIAN KINERJA PNS
Penilaian
kinerja Pegawai Negeri Sipil, adalah penilaian secara periodik pelaksanaan
pekerjaan seorang Pegawai Negeri Sipil. Tujuan penilaian kinerja adalah untuk
mengetahui keberhasilan atau ketidak berhasilan seorang Pegawai Negeri Sipil,
dan untuk mengetahui kekurangan-kekurangan dan kelebihan-kelebihan yang
dimiliki oleh Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan dalam melaksana-kan
tugasnya. Hasil penilaian kinerja digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam
pembinaan Pegawai Negeri Sipil, antara lain pengangkatan, kenaikan pangkat,
pengangkatan dalam jabatan, pendidikan dan pelatihan, serta pemberian
penghargaan. Penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil dilaksanakan berdasarkan
Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1979 tentang Penilaian Pelaksanaan
Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil.
Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil
Unsur-unsur yang dinilai dalam melaksanakan penilaian pelaksanaan pekerjaan
adalah :
- kesetiaan;
- prestasi kerja;
- tanggungjawab;
- ketaatan;
- kejujuran;
- kerjasama;
- prakarsa; dan
- kepemimpian.
*PEMBERHENTIAN PNS
Pemberhentian terdiri atas :
- Pemberhentian sebagai Pegawai Negeri Sipil dan
- pemberhentian dari jabatan negeri.
Pemberhentian
sebagai Pegawai Negeri Sipil adalah pemberhentian yang menyebabkan yang
bersangkutan tidak lagi berkedudukan sebagai Pegawai Negeri Sipil.
Pemberhentian
dari jabatan negeri adalah pemberhentian yang menyebabkan yang bersangkutan
tidak lagi bekerja pada suatu satuan organisasi Negara, tetapi masih
berkedudukan sebagai Pegawai Negeri Sipil.
Jenis-Jenis
Pemberhentian Sebagai Pegawai Negeri Sipil. Pemberhentian sebagai Pegawai
Negeri Sipil terdiri atas pemberhentian dengan hormat sebagai Pegawai Pegawai
Negeri Sipil dan pemberhentian tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri
Sipil.
Pegawai
Negeri Sipil yang diberhentikan dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil
menerima hak-hak kepegawaiannya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang
berlaku antara lain hak atas pensiun. Pegawai Negeri Sipil yang diberhentikan
tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, kehilangan hak-hak
kepegawaiannya antara lain pensiun.
*LARANGAN MENJADI ANGGOTA PARTAI
Pegawai
Negeri Sipil berkedudukan sebagai unsur aparatur negara, bertugas memberikan
pelayanan kepada masyarakat secara profesional, jujur, adil, dan merata dalam
penyelenggaraan tugas negara, pemerintahan dan pembangunan. Dalam kedudukan dan
tugas tersebut, Pegawai Negeri Sipil harus netral dari pengaruh semua golongan
dan partai politik serta tidak diskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada
masyarakat. Upaya menjaga netralitas dari pengaruh partai politik dan untuk
menjamin keutuhan, kekompakan, dan persatuan agar Pegawai Negeri Sipil dapat
memusatkan segala perhatian, pikiran, dan tenaganya pada tugas yang dibebankan
kepadanya.
Undang-undang
Nomor 43 Tahun 1999 dengan tegas melarang Pegawai Negeri Sipil menjadi anggota
partai politik dan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2004 ditetapkan
larangan Pegawai Negeri Sipil menjadi Anggota Pengurus Partai Politik.
*KESEJAHTERAAN
PNS
Dasar Hukum :
Undang-undang
Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian
sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun
1999.
1. Keputusan
Presiden Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 1974 Tentang Pembagian, Penggunaan,
Cara Pemotongan, Penyetoran, dan Besarnya Iuran-iuran yang Dipungut dari
Pegawai Negeri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun.
Usaha Kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil Meliputi
Program :
1. Pensiun dan
hari tua,
2. Asuransi
kesehatan,
3. Tabungan
perumahan, dan
4. Asuransi
pendidikan putra putri Pegawai Negeri Sipil.
Setiap Pegawai Negeri Sipil dipungut iuran 10% dari
penghasilannya untuk membiayai usaha dalam bidang kesejahteraan, dengan
perincian sebagai berikut :
o
4 ¾% untuk iuran dana pensiun
o
2% untuk iuran pemeliharaan kesehatan
o
3 ¼% untuk iuran tabungan hari tua dan perumahan.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Jadi
kesimpulannya adalah Kepegawaian Negara Indonesia mempunyai sistem-sistem yang
teratur berupa perencanaan kepegawaian,pengadaan kepegawaian dsb,sehingga dapat
menjadi suatu pandangan dan wawasan untuk calon-calon Pegawai Negeri Sipil.
Saran
Kepegawaian Negara Indonesia akan lebih baik jika
sistem-sistemnya benar-benar diterapkan.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar